• Saksikan LIVE di Adi TV Jam.16 WIB, Talkshow DPRD dengan Topik Penjaringan Aspirasi Masyarakat. Sampaikan aspirasi, masukan, dan kritik anda untuk Yogyakarta yang lebih baik.
  • Event Calendar
    • Anggota DPRD Kota Yogyakarta Masa Jabatan 2014-2019

    • anggota DPRD masa jabatan 2014-2019

    • Anggota DPRD perempuan masa jabatan 2014-2019

    • Rapat Konsultansi Pimpinan DPRD dan Pimpinan Fraksi dengan TAPD

    ASPIRASI
    PENGADUAN
    JAJAK PENDAPAT
    Bagaimana Kinerja dan hasil DPRD Saat Ini?
    Bagus
    Biasa Saja
    Jelek

    HASIL POLLING
    STATISTIK PENGUNJUNG
    • Browser :
    • OS : Unknown Platform
    • Dikunjungi sebanyak : 508559 kali
    Share This Articel on :

    2012-12-13 22:11:02 WIB

    Membangun Sinergitas Untuk Kesejahteraan Rakyat

     

    Oleh : Henry Kuncoroyekti, SH (Ketua DPRD Kota Yogyakarta)

     

    Desentralisasi dan otonomi daerah telah  memberi peluang bagi pemerintah Kota Yogyakarta untuk membuat inisiatif kebijakan publik yang berpihak kepada rakyat, Munculnya  berbagai inovasi Kota Yogyakarta dalam mengembangkan kebijakan publik yang pro rakyat ini tidak lepas dari kuatnya komitmen dan political will baik dari pihak eksekutif maupun Legislatif

    Dalam konteks tersebut, maka dibutuhkan sebuah pola relasi yang sinergis antara pihak eksekutif, legislatif dan masyarakat sipil dalam bentuk Engaged governance (sinergitas dan interaksi positif dalam perumusan kebijakan) agar skema kebijakan publik yang dihasilkan dapat diterima semua pihak. Model engage governance merupakan wahana yang efektif untuk mengarusutamakan partisipasi dalam demokrasi perwakilan.

    Pentingnya pola interaksi yang positif dan sinergitas antar para pihak (stake holder) Kota Jogja merupakan basis dasar dari proses-proses perumusan dan implementasi kebijakan publik, agar keluaran (output), outcome dan impact dari suatu kebijakan publik dapat terukur, efektif, efisien, transparan dan partisipatif.

    Sebagai sebuah institusi demokrasi perwakilan, DPRD Kota Yogyakarta telah berupaya membangun pola relasi yang positif dan sinergitas antara para pihak (model engage governance)  dalam setiap proses-proses perumusan kebijakan publik. Hal ini dapat dilihat dari mulai proses penyusunan suatu Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) sampai dengan evaluasi kebijakan. DPRD Kota Jogja selalu mengajak para pihak untuk terlibat di dalamnya.

    Upaya membangun sinergitas antar para pihak ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Kota Jogja. Upaya ini diharapkan akan dapat mewujudkan model pemerintahan daerah yang secara sadar mempromosikan reformasi kebijakan pro rakyat  secara partisipatif melalui sinergi dengan para pihak.

    Apalagi ditambah dengan tantangan yang dihadapi kota Jogja baik dalam aspek lingkungan hidup, pariwisata, pendidikan, kesehatan dan juga upaya-upaya menghadapi bencana. Semua ini mau tidak mau dibutuhkan sinergitas yang positif antar para pihak.

     

    PENGUMUMAN